Career Talk #2 : Pengalaman Tes CPNS BPKP 2017 Hingga Lulus

by - Tuesday, April 24, 2018






Hai all,

Setelah berbulan-bulan tanpa post baru, aku akhirnya nge-post lagi !!!
Penasaran ga sih aku kemana? *padahal ga ada yang penasaran*
Oke, jadi di post kali ini, aku akan membicarakan tentang tes CPNS 2017.

Ceritanya, aku sudah mulai lelah dengan pekerjaan sebelumnya. Kebetulan, di bulan September 2017 ada bukaan lowongan CPNS besar-besaran, dimana ada 61 instansi yang buka lowongan. Awal pengumuman sempat galau, daftar Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atau Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Tetapi akhirnya aku daftar BPKP dengan pertimbangan kuotanya banyak dan kalau BPK nanti kerjaannya sama aja kaya kerjaan sebelumnya.

image from https://lms.bpkp.go.id

Aku memilih untuk ambil formasi auditor pertama dengan jalur cumlaude dengan total kuota yang diterima adalah 15 orang. Untuk pendaftaran berkas awal, syarat dan berkas yang dibutuhkan adalah :

1.      IPK minimal 3,25 dari 4,00 untuk PT berakreditasi B, IPK minimal 3,00 dari 4,00 untuk PT berakreditasi A
2.      Usia maksimal 30 tahun
3.      Surat lamaran
4.      Pas foto 4x6 latar belakang merah
5.      KTP
6.      Ijazah
7.      Transkrip nilai
8.      Surat Pernyataan
9.      Hasil penyetaraan ijazah (kalau lulusan luar negri)

Berkas-berkasnya diupload di websitenya sscn (https://sscn.bkn.go.id). Saat upload, kita juga diminta untuk mengisi tempat tes kita nanti. Aku pilih di Medan, dengan pertimbangan jadwal tes SKDnya pas jadwal audit di Medan. Kalau audit di Medan itu, kerjaannya sangat padat jadi ga mungkin untuk balik ke Jakarta. Btw, pemilihan lokasi tes ini ga ngaruh ya ke hasilnya, karena di akhir akan digabung dan lulus tidaknya itu secara nasional J

Nah, seleksinya terdiri dari 3 seleksi, yaitu :
1.      Seleksi administrasi
2.      Seleksi kompetensi dasar
3.      Seleksi kompetensi bidang (CAT + wawancara)

Nah, seleksi administrasi pertama itu di tanggal 27 Oktober 2017 di jam 8 pagi. Tempat tesnya di Kodam I Bukit Barisan. Tesnya 90 menit. Sebelum mulai tes, ada semacam daftar ulang yang antrinya panjang, jadi harus dateng pagi. Setelah daftar ulang, masih ada antri lagi untuk scan dan antri untuk minta password CAT. Yang kocak waktu di Medan itu, bahkan sepatu harus dilepas coba :’)

Dengan CAT, nilainya langsung keluar. Hasilku waktu itu Tes Wawasan Kebangsaan 85, Tes Intelegensi Umum 100, Tes Karakteristik Pribadi 162 jadi total 347. Dengan nilai segitu, ternyata di tanggal 3 November 2017 ketika pengumuman, aku lolos di posisi nomor 20an hahaha. Next, diumumin kalo tes lanjutannya di tanggal 13-14 November 2017.





Berhubung aku ambil tes di Medan, makanya aku tes lanjutannya di Medan. Berhubung sudah di Jakarta lagi, jadilah harus ijin dulu ke Senior Manager haha untung dikasih ijin.
Nah, hari Senin tanggal 13 November 2017, tes kemampuan bidang menggunakan CAT. Nah, sebelumnya kita dikasih kisi-kisi untuk TKB ini, yaitu :
-        - Pengetahuan audit intern
-        - Matematika terapan
-        - Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia
-        - Kode Etik Audit Intern Pemerintah Indonesia
-        - UU no 17 tahun 2003
-        - UU no 15 tahun 2004
-        - UU no 1 tahun 2004
-        - PP 60 tahun 2008

Kisi-kisi ini tidak menyimpang sih menurutku, jadi asalkan paham kisi-kisinya pasti bisa ngerjainnya. Banyak yang terjebak dengan lebih mendahulukan perhitungan, jadi kehabisan waktu untuk mengerjakan yang materi. Jadi, hati hati J

Selanjutnya, hari Selasa tanggal 14 November 2017, ada wawancara dengan orang kepegawaian dan user. Untuk user yang mewawancara ini bermacam-macam, ada yang diwawancara Direktur, Kasubdit, dll jadi tergantung dapetnya siapa wkwk. Sebenarnya hanya diberi waktu 30 menit untuk wawancara, tetapi aku sendiri hampir satu jam. Untungnya dapat jadwal wawancara pertama, sehingga nggak molor waktunya.

Ditanya apa saja? Berhubung aku sudah pernah bekerja sebelumnya, lebih banyak ditanya tentang pekerjaan sebelumnya. Ditambah pertanyaan materi standar, semacam, bedanya BPKP dan BPK, BPKP bertanggung jawab ke siapa, dll. Pertanyaan lain juga semacam, kamu kalau marah seperti apa, menanggapi klien yang menyebalkan gimana. Menurutku, itu wawancara paling santai yang pernah aku jalani, jadi tenang, jawab saja dan anggap saja seperti ngobrol biasa.

Begitulah, di pengumuman akhir di tanggal 29 November 2017, ternyata aku lolos di ranking 3 dari 15 orang. Dan di tanggal 11 Desember sudah diharuskan masuk.....Jadilah aku resign dengan short notice.

Katanya di tahun 2018 ini akan ada bukaan lagi, jadi semoga cerita pengalamanku ini bisa bermanfaat untuk yang akan mencoba. Yang terpenting jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua, karena doa dan restu orang tua lah yang membuat kita beruntung J

Semangaat !!


Update !!

Banyak yang nanya-nanya ke aku tentang tes BPKP, aku dengan senang hati membalas. Masalahnya, banyak yang nanya di komen atau pm di instagram menanyakan pertanyaan yang jawabannya udah ada di postingan atau udah pernah ditanyain sama orang lain. Bukan aku ga mau jawab, tapi rasanya kok kurang dihargai udah nulis dan jawabin eh masih ditanyain lagi, kalo yang nanya cuma satu sih gapapa ya, tapi ini banyak, kan sedih :(. Padahal kalo beneran penasaran, pasti baca bener-bener setiap komen-komen, kalo udah ada jawaban dari pertanyaan dia yaudah ga usah ditanyain lagi. Ada juga yang nanya di pm instagram yang jawabannya itu udah ada di pertanyaan dia sendiri, udah gitu jawabnya nyolot, bikin gimana gitu kan. Aku kan juga ga gabut, aku jawabin pertanyaan disela-sela bekerja, jadi kalo pertanyaan-pertanyaannya ngeselin ya bikin bete juga. Jadi mohon maaf, kalo aku ga jawab pertanyaannya, artinya jawabannya sudah ada dipostingan atau balasan komen-komen yaa.  




You May Also Like

140 comments

  1. Halo kak, salam kenal aku Putri .Btw kita sama pernah berada di KAP 2 huruf ituitu πŸ‘»πŸ‘»πŸ‘»
    Btw untuk tes CPNS ini, persiapan kamu apa sih kak ? Gimana bagj waktunya belajar dan ngaudit. Makasih πŸ˜ŠπŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Ria, mau tanya, apa alasan kok keluar dari KAP terus mau jadi pegneg?
      Kan di KAP 2 huruf lebih menjanjikan.

      Delete
  2. Syarat2 nya apa.aja untuk test Cpns ini pke legalisir segala macam gag ?? Apa aja yg harus di pelajarin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk pendaftaran nggak ada pake legalisir, tapi kalo keterima ada sih suruh ngumpulin legalisir ijazah, transkrip, sama KK. Untuk yang dipelajari, bisa liat tuh di buku-buku tes CPNS yang banyak dijual haha kurang lebih kaya gitu lah materi yang harus dipelajari

      Delete
    2. hallo mbak, saya kan sudah daftar CPNS ni, nah apakah berkas fisik berupa surat lamaran itu di kirim via pos atau hanya di upload
      saya daftarnya di kemenkumham

      Delete
  3. Mbak kiat2 untuk lolos seleksi apa saja ya? :)

    ReplyDelete
  4. Mba, apa pas awal dan stelah lolos ada diminta liat ijazah asli? Trmksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pas awal ijazah cuma ditunjukkan aja, itu pas verifikasi berkas. Tapi kalo udah lolos ijazahnya ditahan dan disuruh ttd surat pernyataan kalo mau ditempatkan dimana saja dan ga minta penempatan selama 4 tahun.

      Delete
    2. Kak untuk tahap verifikasi lama ga waktunya?

      Delete
  5. Selamat pagi,mau konsul untuk CPNS 2018 di BKPP ada formasi jabatan Arsiparis terampil, nah di kualifikasi pendidikan itu D3 Kearsipan/Perpustakaan, ane Pendidikan nya Manajemen Informasi dan Dokumen di dalamnya belajar tentang Ilmu kearsipan dan perpustakaan. apakah itu ada kemungkinan bisa lolos seleksi administrasi kah? terima kasih mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kalo untuk itu saya kurang tau ya. Lebih baik ditanyakan via DM ke Instagramnya BPKP. Insya Allah dibalas sama panitianya :)

      Delete
  6. Sore Mbak, saya Afna, salam kenal sebelumnya. Mau nanya Mbak, apakah yg blm pernah pengalaman jadi auditor sama sekali ada yg lolos sampe akhir jadi auditor ahli di bpkp. Saya mau daftar tapi minder karna blm ada pengalaman jadi auditor. kuatir itu jadi pertimbangan. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, salam kenal ya
      Temen-temenku banyak juga kok yang belum pernah kerja sebelumnya dan keterima, yang penting lolos tes aja, semangat !

      Delete
    2. Halo Mba. salam kenal wah masya Allah saya kagum sama Mba nya sudah bekerja di perusahan sebelumnya bisa lanjut juga jadi PNS. Sukses ya Mba. Mohon doa nya saya nysul jdi #ASN2018

      Delete
    3. kak minta ig nya dong soalnya mau nanya tentang contoh soal itungan nya

      Delete
  7. oh gitu ya.. makasih banyak Mbak.. insyaAllah mantebin hati jadi pejuang bpkp deh. :) minta doanya ya Mbak.

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Halo mbak, salam kenal ya :)
    Thank you udah sharing pengalamannya. Untuk kisi-kisi TKB nya dikasih dari bpkp nya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya untuk kisi-kisi dikasih sih dari BPKPnya pas pengumuman mau tes TKB

      Delete
  10. Assalamualaikum mbak,kira2 tahun lalu yang lolos administrasi lalu lolos SKD berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk lolos administrasi sepertinya banyak dan kurang tau jg berapa jumlahnya agak lupa, cuma kalo TKD diambil 3x formasi, kalo formasinya 15 ya diambil 45 gitu

      Delete
  11. Assalamu'alaikum mba..
    Mba penempatan di bpkp mana ya mba? Brrt selama 4 th itu stay di bpkp luar jawa ya? Dan aku kebetulan pernah penelitian di bpkp, pas wwncr sm mba2 auditor bpkp, ktnya kalo perempuan, nikah, bs mnt penempatan yg deket sm suami. Dan gmn utk total gaji plus tunjangan yg didpt? Gak jauh2 amat dr kemenkeu sekelas d1 nya stan ya mba? Kalo utk info ini aku searching2 di google sih, kebetulan nemu blog ini, jd sekalian tny deh.. hihihi, amyway, Is that right mba? Thanks mbaπŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, sampe sekarang yg cpns 2017 masih di pusat hehe belom penempatan. Nah, untuk di luar jawanya jg belom tentu 4 taun jg karena emang bisa dipindah2 sebelum itu. Iya kalo dah nikah sih katanya bisa ikut suami, cuma aturan yg pas mulai cpns 2017 itu sih bilangnya ga boleh minta penempatan selama 4 taun, tapi ya pada minta juga tetep wkwk tapi ya pada mintanya ke tempat2 yg emang boleh (tetep di luar jawa). Gaji dan tunjangan bisa kok kalo mau download peraturannya hahaha kalo S1 sekitar 3 juta gaji 5 juta tunjangan, dapet uang makan juga sehari 35 ribu, pas cpns tapi cuma dapet 80%nya wkwk

      Delete
  12. mba, mau tanya. Yg diterima ada yg dri perguruan tinggi swasta tdk untuk angkatan mba (formasi cumlaude) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada koook, yg cumlaude ada yg umum adaa jugaa

      Delete
    2. Mba, waktu jaman mba yg formasi cumlaude, mba unggah akreditasi PT tdak ? Soalnya saya baru tanya, sama admin untuk formasi cumlaude PT dalam negri tidak perlu melampirkan akreditasi.

      Delete
    3. sepertinya engga deh soalnya ga inget pernah ngeupload akreditasi PT..

      Delete
    4. This comment has been removed by the author.

      Delete
    5. Mba, saya baru mengikuti simulasi CAT dri web BKN. Dan menurut saya soal TWK dan TIU sangat berbeda dengan buku yg saya dan teman saya beli (berbeda buku).
      Menurut pengalaman mba, manakah yang lebih relevan dengan soal TKD yang sesungguhnya. Simulasi CAT atau buku2 yg dijual ? Mohon tanggapannya ya mba

      Delete
    6. kalo aku bilang sih ya gimana ya, TIU sama TWK kan materinya sangat luas, ya kemungkinan soal yg keluar bisa sangat beragam. Pengalaman tes kemaren jg yg keluar jauh bgt dr yang dipeajari, makanya jangan latihan soal aja tapi baca materinya, walaupun udah baca pun belom tentu bisa jawab juga sih wkwk ada faktor luck juga disitu wkwk

      Delete
    7. Tapi mba sempet coba simulasi CAT dari BKN gak tahun lalu? soalnya tahun lalu temen saya gak bsa2 ngakses simulasi CAT BKN, jadi saat saya tanya mereka relevan apa enggak simulasi BKN, dia jg gak tau.

      Delete
    8. nyoba kok, ya tipe tipe soalnya beda beda, ga bisa dibilang relevan apa engga soalnya tipe soal terlalu luas, kita ga akan tau jg kan yang keluar soal macam apa, aku sih soalnya kalo buku soal soal itu ngejar ringkasan materinya, latian soalnya pake aplikasi yang bisa dibuka dimana aja. cuma untuk latihan waktu, cara jawab ya aku latian dr bkn itu. latian aja dari macem macem sumber biar ada gambaran jg kalopun jenis soalnya macem macem kita tetep bisa antisipasi

      Delete
    9. kalau menurut mba, tipe soalnya lebih sulit saat simulasi atau TKD ?

      Delete
    10. Mba, waktu TKD tepat waktu atau ngaret ?

      Delete
    11. pas aku tepat waktu soalnya paling pagi, tp ada beberapa yg tes di jkt mundur sampe malem

      Delete
  13. mba. tes skb ada bhs inggrisny ga? pas wawancara bhs inggris ga? saya bkurang d bha inggrisnya. jd minder kalo mau dftr bpkp.... terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. lupa sih aku ada bhs inggrisnya apa engga, kayaknya engga deh...
      wawancara bahasa indonesia aja kok

      Delete
  14. kak, kalau boleh tau TKB yang mengenai matematika dasar, standar audit pemerintah indonesia dll itu seleksinya essai atau objektif ya ?

    ReplyDelete
  15. Mba, mohon maaf nih nanya blak-blakan. Apa bener jika sudah lulus cpns, di akhir ada dimintai uang ya? Jika tidak diberi maka kelulusan kita diganti dengan yg ranking di bawah kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga sama sekali ya, orang udah sangat terbuka hasil juga langsung keluar saat itu juga pake cat, ranking dengan mudah diliat semua orang, 100% tanpa uang deh. Kalo dimintain uang lapor aja ke BKN ya

      Delete
    2. Kayaknya yg suka mintain uang itu kalo di daerah deh. Temenku ada soalnya yg gitu, udah lulus tes dan dimintain uang (dia daftar guru) krn gak mau akhirnya batal. Adiknya yg daftar di MA lulus aja. Tapi akhirnya dia daftar lagi tahun berikutnya di daerah yg beda ketrima lagi.

      Delete
  16. Halo mba mau tanya, kalo untuk gaji cpns tahun pertama apa benar belum di byr kan? Di rapel ya setelah 12 bulan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda beda tergantung instasinya sih, di BPKP bulan April udah gajian rapel Jan-April, seterusnya udah dapet tiap bulan

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Salam.
    Maaf saya mau nanya, apakah pada waktu seleksi kompetensi dasar (skd) diminta juga surat skck, surat kesehatan jasmani dan surat bebas narkoba (napza) atau tidak? Ataukah ke 3 berkas yang saya sebutkan nanti akan di kumpulkan ketika selesai semua tahapan seleksi, baik seleksi administrasi, skd dan skb? Atau ketika sudah dinyatakan lulus pada semua tahapan seleksi dan bisa ke Jakarta untuk proses Diklat dan pengangkatan. Karena saat ini saya sudah di Makassar, saya dari Maluku.
    Saya sempat membaca kalau ada nanti verifikasi dokumen pada saat seleksi kompetensi bidang (skb) tapi ketiga berkas tersebut tidak termasuk ke dalam verifikasi pada skb. Saat ini saya belum ada ketiga berkas tersebut sementara saya sudah di Makassar. Kalau sudah dinyatakan lulus pada semua tahapan seleksi sih saya bisa kembali ke Maluku untuk mengurus ketiga berkas itu tapi kalau sekarang sulit. saya khawatir ketiga berkas tersebut akan menghalangi saya nanti ketika seleksi skd dan skb. Harap di jawab yah. Terima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. surat-suratnya untuk syarat pemberkasan, jadi kalo sudah dinyatakan lolos baru diminta mengumpulkan ya

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Terima kasih...
      Oh berarti ketiga surat tersebut tidak diminta untuk di diperlihatkan saat Test skd dan skb kan? Saya tanya ini karena ada kekhawatiran kalau diminta salah satu dari surat itu di saat Test skd atau skb. Bahaya juga kan, belum ikut Test eh, udah gugur, gugurnya pas di depan pintu lagi. Wadaw!

      Oh iya, tanya lagi..
      Mendaftar di bpkp itu hanya sekali kan yaitu lewat situs sscn.bkn saja kan. Tak ada kan daftar lagi lewat situs bpkp kan? Karena ada kementrian dan lembaga lain yang mengharuskan mendaftar lagi di situs kementerian atau lembaganya tersebut, jadi mendaftar 2x.
      Terima kasih lagi ya...

      Delete
    5. diikuti aja ya ketentuannya gimana, kan bisa aja beda, tapi pas aku sih engga

      Delete
  19. Salam kenal mbak, maaf kalau boleh saya tanya apakah akreditasi kampus C bisa ikut cpns di BPKP mbak? Mohon infonya ya. Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  20. Kak mau tanya tes tkb nya itu seputar audit ya kak?ribet ga soalnya?heheπŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, liat di kisi-kisi ya, ga menyimpang kok dr aturan sama kisi2nyaaa

      Delete
  21. Kak mau tanya tes tkb nya itu seputar audit ya kak?ribet ga soalnya?heheπŸ˜„

    ReplyDelete
  22. Hai, worklife balance menjadi auditor BPKP seperti apa miss ? Seperti di "Big 4" kah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga sih, masih lebih santai, tapi ga bisa dibilang santai untuk ukuran PNS

      Delete
  23. Halo mba salam kenal, saya mau tanya, tadi baca komentar mba di atas, sampai dengan skrng cpns 2017 masih berkantor di kantor pusat ya? jadi blm di infokan penempatan nya?

    ReplyDelete
  24. halo mbaaa mau nanya dong, tkb nya itu ada buat laporan keuangan gitu2 gak ya?terus soal matematika nya kira kira bahasannya tntg apa?
    makasih sblmnyaaa mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, itu kisi kisi kan aku bilang ga menyimpang, jadi kalo ga ada di kisi kisi ya nggak ada ya. Untuk matematikanya biasa sih mirip2 matematika di tkd

      Delete
  25. Halo mba. Saya mau tanya tahun lalu untuk seleksi adm apakah ada kemungkinan lolos untuk yang pelamar yang salah dalam penulisan surat pernyataan. Saya lupa menghapus pernyataan menyangkut disabilitas, sedangkan saya melamar utk formasi umum. Apakah otomatis gagal mba? Apakah ada kasus seperti itu di tahun lalu? Soalnya tahun ini lumayan banyak mba.

    ReplyDelete
  26. Halo mbak salam kenal. Mau tanya, apakah tahun lalu jadwal tes SKD ada yg dilaksanakan saat weekend? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua tesnya ga ada yang di weekend, SKD, SKB sama wawancara weekdays semua

      Delete
  27. Assalamualaikum.. Maaf kepo dikit mba, kbetulan skrg sya lg nyoba tes cpns di bpkp nih... Untuk penempatan dinas setelah lulus nya gimana ya, sesuai domisili kah.. Atw kya random gt, atw mgkin ditanya maunya dimana waktu wawancara (ngarep).. He.. Jawab ya mba.. Nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. random mas katanya sih, tp katanya diusahakan yg bisa direct flight ke domisili, kalau umum ga ditanyain, yg stan yg ditanyain biasanya. anyway BPKP di ibu kota provinsi ya, jd deket ke bandara wkwk

      Delete
  28. Mbaknya baik banget semua komen dijawab. Sampe saya gak perlu nanya lagi udah diwakili sama komenan lain. Makasih ya Mbak udah sharing 😊

    ReplyDelete
  29. Hai mba salam kenal, saya mau tanya donk itu SKB ada passing grade jg gak yah? Atau langsung diintegrasikan dg nilai SKD ? Dan kira2 untuk auditor daerah kisikisi soalnya sama gak ya dg yg mba sebut di atas ? Makasih banyak sebelumnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, aku lupa sih SKB ada passing gradenya apa engga, coba cari aja diperaturannya. Cuma seingetku sih nanti hasil SKB sama SKD digabungin sesuai persentasenya, trus diranking sesuai formasinya. Kalo rankingnya masuk ya masuk. Kalo auditor daerah ga tau ya ini khusus BPKP aja

      Delete
    2. Mba punya gak softcopy latihan soal skb auditor, kalo berkenan saya mau minta donk mba, hehe

      Delete
    3. Halo, aku ga punya, diatas aku udah jelasin kan kalo kisi-kisinya ga menyimpang sama sekali. Jadi baca aja, pahamin, kalo baca dan paham pasti bisa jawab kok. Jangan bergantung sama soal soal

      Delete
    4. Oh ya mba kalo auditor dr jurusan akuntansi nanti skb cat nya keluar juga materi akuntansi atau cuma ttg auditor aja mba ?

      Delete
    5. Mba Nur Aini, ambil auditor di daerah mana? saya juga lagi cari soal latihan TKB buat auditor

      Delete
    6. Saya daftar auditor inspektorat kota Madiun mas. Saya juga lg cari latihan soalnya ttg auditor tp susah gak nemu :(

      Delete
    7. salam kenal mas dan mba.. saya juga mencari soal SKB auditor di inspektorat, mas dan mba apakah sudah menemukan contoh2 soalnya? karena saya bingung, nanti soalnya spesifik soal auditor, atau akuntansi atau ekonomi secara umum ..

      Delete
    8. Haloo,,mas mb udh pd pernah ujian tkn auditor inspektorat yaa,,bagi2 kisi2nya donk :))

      Delete
  30. Mba.. Boleh tanya.. Kalau soal kisi kisi SKB itu biasanya tiap instansi selalu ngasih kisi kisi atau enggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau yaaa, tapi ya biasanya sih ga semua instansi kasih

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, budayakan membaca ya, aku dah ngomong berkali-kali di atas

      Delete
  32. Assalmualaikum warahmatullahii wabarakatuuh..
    Kak, boleh mnta wa nya ? Mauu tnya tth tes tkb

    ReplyDelete
  33. selamat pagi kak.. saya mau nanya mungkin kakak tau atau masih ingat. waktu tes SKD sebelumnya kan kita registrasi utk dapt pin dan ttd. nah ttd ini harusnya 2 kali, sedangkan saya kayaknya cuma ttd 1 kali yg satunya g aku ttd. apa kayak gitu berpengaruh pada kelulusan SKD ya kak.. terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja tanya ke panitianya yaa, kan aku juga peserta jadi ga tau

      Delete
    2. iya mbk ini masih nunggu jawaban dari mereka... terima kasih

      Delete
  34. Assalamu'alaikum. mba saya mau tanya kalau untuk tes fisiknya kalau gigi berlubang jadi masalah gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu aku sih BPKP ga ada tes fisiknyaa

      Delete
    2. Mba mau tanya lagi dong, kalau dari pemberkasan sampai keluarnya NIP dan mulai kerja berapa lama ya pas tahun mba?
      Soalnya saya masih kerja di swasta, dan gak bisa resign mendadak.

      Delete
  35. assalamualaikum mbak, mau tanya kalo jabatan auditor sama analisis kepegawaian terampil itu sama ngga materi kisi-kisi skb nya,, atau itu kisi kisi untuk semua bpkp

    ReplyDelete
  36. Boleh Tanya mba.. Itu test SKB CAT nya berapa soal ya dan waktu yang diberikan berapa lama ??? setelah CAT apakah score nya langsung ditampilin seperti SKD ?

    Thanks Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku agak lupa haha kayaknya kaya TKD deh jumlah soal dan waktunya. Karena sistemnya pake CAT juga, hasilnya jg langsung keluar kok

      Delete
    2. Komposisi soalnya banyak matematika terapan atau internal audit ya mba? dan kata temen saya ada soal bahasa Indonesia apa bener ya ?

      Delete
    3. seingetku sih ga ada soal bahasa indonesia, untuk komposisi soalnya sih banyak matematikanya, cuma kalo terlalu fokus ke hitungan juga buang waktu. Waktu itu aku kerjain yg materi dulu secepet mungkin dan habisin sisanya buat matematikanya.

      Delete
    4. One Question Again
      Matematika Terapan Kan lumayan Luas ya mba..
      Yang disoal apa seperti Matematika SKD? atau Matematika terapan seperti Integral, Diferensial, Fungsi, dan Matriks dsb...

      Delete
    5. seperti matematika SKD kok, cuma agak lebih susah aja

      Delete
  37. Mba mau tanya donk, kebetulan kan ikutan seleksi cpns 2018 posisi auditor terampil tapi bukan di bpkp, kisi-kisi materi bisa dapet dari mana ya mba? apa semua instansi soal dari BKN langsung atau dari instansi masing2 mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kisi-kisi itu dari BPKPnya, jadi kalo daftar di instansi lain ya cari tau aja di instansi tsb dapet kisi-kisi engga

      Delete
  38. Mbaaa maaf mau tanya..it kalo auditor ahli pertama di inspektorat jg sama kan kisi2 nyaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau ya kalo untuk inspektorat..cari tau aja di instansinya masing-masing

      Delete
  39. Mbak mw tanya, kisi2 itu kapan dikasih? Untuk soal matematika terapan itu tentang apa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, tolong budayakan membaca ya untuk matematika terapan tentang apa. Pertanyaan orang juga dibaca biar tau udah pernah ditanyain apa engga. Kisi-kisi dikasih bersamaan dengan pengumuman tes SKB

      Delete
  40. - UU no 17 tahun 2003
    - - UU no 15 tahun 2004
    - - UU no 1 tahun 2004
    - - PP 60 tahun 2008
    itu kisi2 diatas undang-undangnya harus dihafalkan mba?
    masalahnya tadi undang2 di atas saya download banyak banget......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh, ya kalo ga dihafalin juga gapapa mas, yang penting kan paham. Tapi kalo ga lolos ya jangan kecewa ya..

      Delete
  41. maaf mba mau tanya, udah lolos passing grade SKD tinggal tunggu pengumuman tapi selintas kepikiran sih kalau lamar formasi auditor boleh engga sih yang engga punya pengalaman auditor? misalnya lulus pas pemberkasan kemarin harus udah punya sertifikasi auditor engga sih mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok, nanti ada diklat tersendiri untuk pembentukan auditor dan ada ujiannya juga hasilnya ada sertifikatnya. Jadi pede aja !

      Delete
    2. oh siap mba. makasih infonya.. :-)

      Delete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Assalamu'alaikum mbak. Mbak, saya mau tanya. Untuk kisi kisi TKB yg mbak dapet itu darimana, mbak ?. Langsung dari bpkp nya kah ?. Atau tanya tanya ke orang / cari di internet ?. Trimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikumsalam, hayoo sudah baca dengan teliti belum postinganku sampe ke komen-komen sebelumnya? kalo udah pasti udah tau deh :)

      Delete
    2. Oh iyaa, mbak. Maaf baru nemu di komennya. πŸ™
      Mbak, saya mau tanya lagi. Apakah semua instansi akan memberikan kisi kisi untuk tes TKB ?.
      Karna saya ambil auditor pertama di instansi Inspektorat Daerah. Dan instansi pembina nya itu BPKP. Terimakasih.

      Delete
    3. kak @rosadhillah boleh mintak kontak nya ga kak?

      Delete
  44. Inspiring banget bacanya mbak, jadi tambah semangat buat berjuang jadi cpns BPKP ini:) mau tanya mbak, kalau di BPKP ini sebelum atau pas jadi cpns ada tes kesehatan dan fisik juga ga ya? di SKB kan tidak ada soalnya. Makasih banyak mbak, keep sharing & inspiring..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama tes ga ada, tapi ini sebelum pengangkatan jadi PNS disuruh MCU dulu sih

      Delete
  45. Mbak nanya dong,kira2 materi TKB auditor ahli BPKP/BPK sama tidak ya dengan Auditor nya inspektorat daerah, saya kebetulan ngambil pormasi Auditor di inspektorat di kota saya. Terimakasih sebelumnya Mbak.

    ReplyDelete
  46. halo mb. terimakasih atas sharingnya. bermanfaat bgt buat gambaran tes nanti. mbak, saya udh baca komen2nya..tp mb purwaningtyas cm bilang matematika spt tkd..tp ada jg komen mb yg blg kalo lebih susah dr tkd. saya penasaran mb...yg dimaksud kisi2 matematika terapan itu apakah spesifik di terapan ekonomi? jd ada semacam fungsi permintaan, penawaran, penerimaan marginal, keseimbangan umum...begitukah? atau bnr2 as simply as matematika di tkd? maturnuwuuun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo, kaya TKD cuma hitungannya agak lebih ribet sedikit, bukan matematika ekonomi

      Delete
    2. huaaa dibalesss, jd terharuuu. makasih mbaak 😘😘😘 makasih sdh menghilangkan kekhawatiran saya kalo ketemu sama matematika ekonomi jaman kuliah ituuu πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  47. Assalamu'alaikum mbak... mo tanya nich, matematika terapan yg kyk dikisi kisi soal tu kyk apa ya contohnya...?

    ReplyDelete
  48. Terimakasih sudah menginspirasi.. yg ingin saya cari tahu sudah say dapat dari tulisan blog mba purwa include dengan komen2nya. Terimakasih mba, great bless and success always! Semoga bisa nyusul jd ASN2018 seperti mba, saya ambil formasi umum auditor ahli pertama untuk inspektorat daerah kabupaten Kendal jateng. Mohon aamiin kan dalam hati mba hehehe, matur suwun :)

    ReplyDelete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Mbak mau tanya dong apa kalau lulus cpns dan diklat di jakarta apa dapat asrama atau semacam mess gt? Atau kita kos sendiri ya? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. di jakarta ngekos sendiri, diklatnya baru ada asramanya yaaa

      Delete
  51. Haloo mbak, untuk diklat nya berapa lama ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo, sila cek postingan yg career talk 3 & 4 yaaaa

      Delete
  52. Mbak tolong bagi cerita sertifikat auditor dong, keterima tapi blum punya sertifikatnya. gimana ya?

    ReplyDelete
  53. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  54. Mbak tes skb nya ada essay atau pilihan ganda semua ?

    ReplyDelete
  55. mba, saya jg ikut 2017, bedanya saya ga lulus kayak mba nya, nilainya 95,100,136...kurang di tkp, yg mau saya tanyain untuk tkp ada tips ga mba cara jawab soalnya, krn itu jebakan batman banget buat saya, kayak jawab tkp tuh gmn sih, santai kah ada pola yg diikuti kah, apa petunjuk gt :( semoga mbaknya selalu diberkati, terima kasih sudah sharing ya.... :)

    ReplyDelete
  56. Mbak mau tanya untuk skb tentang auditor dan matematika terpan nya susah ga ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurutku sih ga susah haha asalkan paham aja kisi2nya pasti bisa lah (paham bukan berarti hafal loh ya, percuma hafal kalo ga paham kan)

      Delete
  57. Terima kasih mbak artikel nya jd informasi buat saya dan Skrng saya sedang peroses pengusulan nip oleh bpkp 😁😁

    ReplyDelete
  58. Halo Mba, kebetulan saya sedang berminta menjadi auditor ahli pertama, yang masih saya galau apakah jabatan auditor ahli pertama harus ada sertifikat toefl?

    ReplyDelete